Sopyan Kartomi

Sopyan, Merasa tidak punya kesibukan lain selain mengajar, kini mulai belajar menulis dan berharap menjadi penulis sungguhan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Prototipe Helikopter (Science Skill Peserta Lomba Siswa Berprestasi, SDN Jatisari 1)
M Rhevan M, membuat prototipe helikopter

Prototipe Helikopter (Science Skill Peserta Lomba Siswa Berprestasi, SDN Jatisari 1)

Sebagaimana tahun sebelumnya, pada tahun ini lomba siswa berprestasi dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanan Olimpiade Siswa Nasional.

Di Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang terlebih dahulu dilaksanakan seleksi untuk setiap cabang yang dilombakan, yaitu Calistung Kelas 1,2,3, Matematika, dan IPA ditambah Lomba Siswa Berprestasi pada tanggal 17 Pebruari 2020 ini.

Pada lomba Siswa Berprestasi yang mewakili SDN Jatisari I adalah Mohamad Rhevan Maulana dari kelas 5B. Tentu saja yang bersangkutan terpilih setelah sebelumnya lolos seleksi di tingkat sekolah.

Di samping persiapan penguasaan materi pelajaran, pembimbing lomba ini telah menyiapkannya dengan baik. Terutama untuk menunjukkan keterampilan istimewa yang bisa ditunjukkan sebagai bahan penilaian keterampilan.

Adapun yang ditampilkan Rhevan demikian nama panggilannya adalah Membuat Prototype Helikopter.

Prototype ini terbuat dari botol susu dinamo dan baterei. Tentu dilengkapi baling-baling yang terbuat dari stik es krim. Semuanya dirangkai dan dibentuk sebagaimana bentuk sebuah helikopter. Kepada peserta juga dilatihkan untuk melakukan presentasi dan mempertahankan skill science-nya itu di hadapan juri.

Pada unjuk keterampilan, peserta sendiri yang harus membuatnya, di ruang uji, di hadapan peserta lain dan penguji dewan juri.

Hal yang mendebarkan akan terjadi saat prototype sudah jadi, kemudian tombol on dinyalakan. Pada pengujian ini, baling-baling harus berputar sebagaimana layaknya sebuah helikopter. Bisakah prototype ini berputar dan terbang?

Semoga wakil dari SDN Jatisari 1 bisa terpilih dan maju ke tingkat Kabupaten Karawang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search