Sopyan Kartomi

Sopyan, Merasa tidak punya kesibukan lain selain mengajar, kini mulai belajar menulis dan berharap menjadi penulis sungguhan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Petunjuk Hari ke 30

Petunjuk Hari ke 30

Pada hari ke 30 ini aku merasa kesulitan mencari tema untuk materi tulisan. Sampai menit terakhir tidak juga ditemukan.

Dengan maksud mencari petunjuk, sengaja kubuka Al Qur'an secara acak.

Tak disangka ayat yang ditemukan adalah tentang Doa Nabi Musa saat mau menghadap Firaun, yaitu QS Tha Ha ayat 25-28:

"Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku. Dan mudahkanlah untukku urusanku. Dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku. Agar mereka mengerti perkataanku".

Doa itu sebetulnya sering dibaca saat memulai sebuah pidato. Anehnya doa itu pula yang seolah diperintahkan untuk kubaca saat memasuki hari ke 30 Tantangan Menulis Gurusiana ini.

Berbicara perihal ayat tadi, dikisahkan bahwa saat Nabi Musa kecil dalam pengasuhan Firaun, dia menarik janggut yang membuat sang raja marah. Kemarahannya dapat diredam ketika disadari bahwa anak kecil belum memiliki pemahaman atas apa yang dilakukannya. Musa menelan api yang ada di dekatnya, sehingga kemudian menyebabkan kekakuan ludahnya itu.

Untuk menolong Musa, kemudian Allah mengutus Nabi Harun. Keduanya kemudian bahu membahu mentauhidkan Firaun dan menyelamatkan umat.

Akhir kisahnya kita ketahui, Firaun ditenggelamkan di Laut Merah. Sedangkan Musa membimbing umat di tanah harapan.

Dengan diselesaikan tulisan ini, 30 hari sudah saya menulis di gurusiana tanpa putus. Semoga aku bisa mengikuti tantangan berikutnya, menulis 60 hari.

Buka Al Qur'an, dapatkan petunjuk di dalamnya!




DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search