Sopyan Kartomi

Sopyan, Merasa tidak punya kesibukan lain selain mengajar, kini mulai belajar menulis dan berharap menjadi penulis sungguhan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Pensiunan dan Pesangon 1 Milyar

Pensiunan dan Pesangon 1 Milyar

Entah siapa yang memulai, saat ini berkembang wacana bahwa saat pensiun, PNS akan mendapatkan pesangon 1 milyar.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo cukup kerepotan dengan wacana ini sehingga perlu memberikan klarifikasi.

Secara tegas beliau menyatakan, pihaknya tidak pernah mengusulkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani agar PNS mendapatkan dana pensiun Rp 1 miliar.

Rilis resmi Kemenpan RB menyebutkan, pihaknya hanya melakukan diskusi terkait pengelolaan dana tabungan ASN dengan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Zudan Arif Fakhrullah serta PT Taspen.

Selanjutnya Menpan RB berharap agar pengelolaan iuran ASN yang dikelola PT Taspen bisa dilakukan dengan baik sehingga nantinya ASN bisa memperoleh jumlah tabungan secara maksimal saat pensiun kelak.

“Syukur-syukur ASN yang pensiun dapat kompensasi tabungan pensiunannya bisa mencapai Rp 1 miliar, yang merupakan hasil dari iuran tabungan pegawai yang saat ini baru mencapai puluhan juta rupiah,” jelasnya.

Berapa sebetulnya dana tabungan pensiunan PNS sejak awal berkarir sampai waktu pensiun itu?

Beberapa orang pensiunan sempat sempat saya tanya. Berapa mereka mendapatkan dana dari PT Taspen? Jawabannya sekitar puluhan juta. 50 - 70 juta.

Wah, ternyata masih jauh dari 1 milyar. Diduga sekalipun setiap bulan seorang pensiunan menerima "gaji" kelak jumlahnya tidak akan mencapai angka tersebut.

Wajar saja wacana pensiun mendapatkan pesangon 1 milyar menjadi bola liar, yang tidak jelas dasar hukumnya.

Meskipun demikian PNS berharap, bahwa pemerintah tetap memperhatikan kesejahteraan para pensiunan. Perhatian itu sebagai wujud penghargaan kepada mereka yang telah mengabdikan diri selama masa produktifnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search