Sopyan SD Sukamekar 2

Sopyan, memotivasi dirinya untuk terus bahagia. Apapun yang dilakukan harus menghasilkan kebahagiaan itu dan membaginya dengan yang lain. Menjadi kepala sekola...

Selengkapnya
Navigasi Web
Memberi Nyawa pada Judul Tulisan

Memberi Nyawa pada Judul Tulisan

Seringkali disebutkan bahwa judul merupakan pintu bagi pembaca untuk membuka sebuah tulisan. Para penulis berpengalaman tentu sangat memahami ini. Jika kita membaca judulnya saja, seakan ada magnet untuk segera membacanya. Mereka menggunakannya sebagai senjata agar tulisan yang dibuatnya itu menarik lebih banyak pembaca.

Sebetulnya tidak ada ketentuan pasti mengenai cara penulisan judul ini. Mohamad Ihsan CEO Media Guru membolehkan membuat judul yang bombastis. Isa Alamsyah (2015) memberikan saran agar judul yang dibuat itu haruslah yang menggebrak, membuat penasaran, serta bernilai jual.

Tanpa membandingkan dengan kedua pakar menulis itu, saya mengajukan usulan bahwa dalam membuat judul itu harus yang “bernyawa”. Tentu pemahaman bernyawa di sini bukan berarti seperti mahluk hidup, yah! Tetapi saat membaca judul, si pembaca seakan bisa bergairah untuk membacanya.

Saya agak kesulitan menjelaskannya. Tetapi, perhatikan judul tulisan yang telah saya dan diunggah di gurusiana.id berikut ini!

Angin Segar pada BOS Tahun 2020, dibaca 7.705 kali , nyawanya “Angin Segar”. Kepala Sekolah yang Tidak Dianggap, dibaca 3.030 kali, nyawanya “Tidak Dianggap”. Cara Menghipnotis Siswa Agar Mau Belajar, dibaca 1.645 kali, nyawanya “Cara Menghipnotis”.

Diantara ketiga judul di atas, saya memberikan nyawa pada judul masing-masing. Dan terbukti bisa menarik pembaca, bukan?

Agar menemukan nyawa tersebut tentu kita harus memperkaya diri dengan perbendaharaan kata serta harus jeli dalam menggunakannya. Sebelum menentukan judul, sediakan pilihan-pilihan lain. Dan yang digunakan adalah kira-kira yang paling bernyawa.

Selipkan kata atau kelompok kata yang memberi kekuatan. Jangan terlalu pendek, juga jangan terlalu panjang. Jika panjang, buatlah itu menjadi sub judul, misalnya “BELAJAR KESABARAN PADA BAPAK SEKARJAYA (Guru SD Beranak Sebelas (sopyangurusiana.id, 12/02/2020).

Selanjutnya kiranya bisa diperhatikan saran pembuatan judul sebagai disampaikan oleh Isa Alamsyah (101 Dosa Penulis Pemula, 2015), bahwa para pemula biasanya membuat kesalahan dalam membuat judul seperti: judul yang dibuat tidak menarik, tidak menggebrak, membocorkan ending, terlalu pendek atau terlalu panjang, tidak sesuai dengan isi.

Di sini saya memberi penekanan yaitu agar judul yang dibuat, apapun rumusannya haruslah sesuai dengan isinya. Percuma judul bombastis, bernyawa, atau membuat penasaran pun jika tidak ada kesesuaian dengan isinya. Bila hal ini dipaksakan, para pembaca akan kecewa dan mereka tidak akan mau lagi membaca karya-karya Anda.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih, pencerahannya, Pak Sopyan.

13 Feb
Balas

Ya, samasama .

13 Feb

Wow, menarik. Terima kasih tipnya. Saya coba. Sukses terus Pak...

13 Feb
Balas

Terima kasih Bu Nina Nusuhaniah. Sukses juga buat Ibu ya!

13 Feb

Susah susah gampang untuk diterapkan, pak... Tapi akan ciba dipraktekkan... Terimakasih infonya pak. Sangat bermanfaat. Salam sehat n sukses selalu..

13 Feb
Balas

Ya, coba saja. Masalah pelbaca bukan kita yang mengendalikan.

13 Feb

Pantesan menjadi gurusianer yang paling banyak dikunjungi...terima kasih pak sopyan.

13 Feb
Balas

Oh, terima kasih.ya!

17 Feb

Sangat Menarik. Salam kenal, Pak Sopyan. Dari Labuhanbatu Sumut.

14 Feb
Balas

Oh ya, semangat ya!

17 Feb

Terimakasih Pa, masih sulit sih yang saya rasakan, masih harus banyak belajar

13 Feb
Balas

Terimakasih pak...ilmunya... masih harus banyak belajar..salam kenal Desnilawati dari Pariaman

16 Feb
Balas

Oh, terimakasih.Senang sekali mau membaca dan menyapa daya.

17 Feb

Alhamdulillah pak, setelah membaca tulisan bapak saya jadi punya energi lagi melanjutkan tulisan saya... Alhamdulillah hari ini saya berhasil menyelesaikan buku saya yang berjudul Sweety Untuk Amy...semoga buku saya nanti dapat diterbitkan.. Mohon doanya ...

22 Feb
Balas



search

New Post