Sopyan Kartomi

Sopyan, Merasa tidak punya kesibukan lain selain mengajar, kini mulai belajar menulis dan berharap menjadi penulis sungguhan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Malam Minggu Rasa Malam Jumat

Malam Minggu Rasa Malam Jumat

Ada yang berbeda dari kebiasaan. Dengan tujuan meningkatkan kemakmuran masjid, pengurus DKM masjid di dusun kami mengadakan berbagai perubahan. Salah satu perubahan itu adalah dalam pelaksanaan pengajian rutin mingguan. Kegiatan ini biasanya pada malam jumat dipindahkan menjadi malam minggu.

Pemindahan jadwal pengajian ini disetujui para jamaah. Dengan alasan, malam Jum’at banyak yang tidak bisa hadir. Beberapa di antara mereka malah ada yang belum pulang dari tempat kerjanya. Sebagian lagi, ingin pada malam jumat khusus mengadakan pengajian keluarga di rumah masing-masing.

Meskipun pemindahan jadwal pengajian ini telah diumumkan secara luas, tetapi ada saja ydi antara mereka yang belum mendengarnya. Saat diperdengarkan audio Al Quran sebelum pengajian rutin itu, mereka bertanya:

“Malam apa sih ini? Kok, ada pengajian?”

“Mungkinkah, merbot masjid salah memutar audio?”

“Jangan-jangan, lagi mengetes audio?”

Pertaan itu pula yang aku sampaikan pada istri saat baru pulang kantor.

Kejelasan baru mereka dapatkan saat ada pengumuman sekaligus undangan bahwa malam minggu itu diadakan pengajian rutin.

"Ayah, ayo hadir ke masjid. Malam ini ada pengajian rutin!" Dekianlah, ajak istri seduai pengumuman tersebut.

Pada pembukaan pengajian malam minggu itu, ketua DKM berkenan menyampaikan ajakan dengan kutipan ayat Al Quran tentang perintah memakmurkan masjid , yaitu QS At Taubah ayat 18:

"Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk".

Dalam kesempatan itu, beliau menyampaikan ajakan, “Marilah kita memakmurkan masjid dengan kegiatan-kegiatan yang lebih mendekatkan diri kepada Allah. Salah satunya adalah melalui kegiatan pengajian rutin”.

Wah, malam Minggu ada pengajian rutin, rasanya seperti malam Jumat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search