Sopyan SD Sukamekar 2

Sopyan, memotivasi dirinya untuk terus bahagia. Apapun yang dilakukan harus menghasilkan kebahagiaan itu dan membaginya dengan yang lain. Menjadi kepala sekola...

Selengkapnya
Navigasi Web
Keutamaan Ilmu Dibandingkan Harta

Keutamaan Ilmu Dibandingkan Harta

Keutamaan Ilmu Dibandingkan Harta

(Naskah khutbah Jumat, 07/02/2020)

Kaum muslimin sidang Jumat rahimakumullah

Pada kesempatan yang berbahagia ini, khatib berwasiat, marilah meningkatkan ketaqwaan kepada Alloh, dengan sebenar-benarnya taqwa yaitu ikhlas menjalankan apa yang telah diperintahkan dan meninggalkan apa yang telah dilarang-Nya.

Jamaah jumah yang dimuliakan Allah, bahasan khutbah kali ini adalah tentang Keutamaan Ilmu Dibandingkan Harta.

Allah berfirman dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11:

Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, Berlapang-lapanglah dalam majelis, maka lapangkanlah! Niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan “Berdirilah kamu, maka berdirilah! Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Menurut ayat tersebut, Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa tingkat. Oleh karenanya kita disuruh untuk berpikir dan menggali ilmu pengetahuan, membentuk majelis talim, membaca ayat-ayat Allah, baik ayat yang tertulis maupun yang tercipta misalnya langit, bumi, gunung, bintang, dll.

Perlu diingat bahwa perintah pertama yang diterima Rasulullah adalah yang berkaitan dengan mencari ilmu.

"Iqra” (QS Al Alaq:1)

Bacalah! Perintah membaca adalah ayat pertama Al Quran. Membaca dipandang sebagai jalan utama untuk mendapatkan ilmu.

Dalam kaitan ini, Rasulullah sangat menganjurkan kepada kita untuk selalu mau mencari ilmu. Dari Abu Hurairah RA, Sesungguhnya Rasulullah telah bersabda, Barangsiapa yang menempuh suatu jalan bepergian mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.

Sealnjutnya Khalifah Ali bin Abi Thalib ra. pernah membandingkan antara itu dengan harta. Beliau mengatakan bahwa ada sepuluh kelebihan ilmu dibanding harta, yaitu:

Ilmu adalah warisan para nabi, sedangkan harta adalah warisan dari Firaun, Qarun, dan lain-lain.

Ilmu selalu menjaga orang yang mempunyainya, sedangkan harta dijaga oleh orang yang mempunyainya.

Orang yang berilmu banyak mempunyai teman, sedangkan orang yang berharta mempunyai banyak lawan.

Ilmu apabila diberikan kepada orang lain akan bertambah sedangkan harta bila diberikan akan berkurang.

Ilmuwan sering dipanggil alim, ulama, dan lain-lain. Sedangkan hartawan sering dipanggil bakhil, kikir, dan lain-lain.

Pemilik ilmu akan menerima syafaat pada hari kiamat, sedangkan pemilik harta dimintai pertanggungjawabannya.

Ilmu apabila disimpan tidak akan habis, sedangkan harta bila disimpan akan usang dan lapuk.

Ilmu tidak usah dijaga dari kejahatan, sedangkan harta selalu dijaga dari kejahatan.

Ilmu tidak memerlukan tempat, sementara harta memerlukan tempat.

Ilmu akan menyinari hati hingga menjadi terang dan tenteram, sedangkan harta akan mengeraskan hati.

Nasihat yang disampaikan Ali tersebut menegaskan kepada kita bahwa ilmu lebih mulia dari pada harta.

Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah,

Siapa saja yang berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan ilmu misalnya di sekolah, madrasah atau di pengajian-pengajian, serta majlis ilmu lainnya maka insya Allah dia termasuk salah seorang ahli dzikir dan calon penghuni surga yang penuh kenikmatan.

Bila kita memberikan warisan kepada anak-anak kita, utamakanlah dengan merwariskannya ilmu. Ilmu yang diamalkan dan bermanfaat akan menjadi shodaqoh yang tidak ada habis-habisnya sampai akhir zaman.

Berikanlah dukungan yang lebih besar kepada pihak lain yang berjuang menegakkan ilmu Alloh. Para kiai, ustadz masih membutuhkan perhatian kita agar perjuangannya tidak terganggu atas kekurangan-kekurangan yang dihadapinya.

Hadirin, sebagai penutup pada khubah ini, khotib berdoa, semoga kita diberi kesadaran untuk mau menuntut ilmu, dan diberi kemudahan jalan untuk mendapatkan ilmu. Semoga Allah SWT. memberikan keutamaan dan kesempurnaan hidup dalam pengabdian kita kepada Allah SWT.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post