Sopyan SD Sukamekar 2

Sopyan, memotivasi dirinya untuk terus bahagia. Apapun yang dilakukan harus menghasilkan kebahagiaan itu dan membaginya dengan yang lain. Menjadi kepala sekola...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Menghipnotis Siswa Agar Mau Belajar
Perlu segala cara agar siswa mau belajar

Cara Menghipnotis Siswa Agar Mau Belajar

Sebelum tulisan ini dibuat, terlebih dahulu saya menanyakan bagaimana cara menghipnotis. Kebetulan ada teman yang benar-benar bisa hipnotis dan banyak memberikan pelatihan. Saya ingin bisa menghipnotis itu, dan mempraktekannya untuk keperluan pembelajaran.

“Pak Rudi (nama disamarkan), bagaimana sih cara menghipnotis agar siswa mau belajar?” tanya saya.

“Oh, itu ada pelatihannya, Pak” jawabnya. Selanjutnya dia menjelaskan syarat dan ketentuannya untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Jujur, saya kecewa mendapatkan jawaban itu. Bukannya memperoleh keterangan, tapi malah diajak untuk mengikuti pelatihan.

“Baik, Pak. Pada kesempatan lain, saya nanti akan ikut” kata saya.

Jadi dari awal saya tegaskan kepada Anda, bahwa pada tulisan ini tidak akan didapatkan jawaban, bagaimana cara menghipnotis seperti yang dilihat di acara televisi. Di sini, saya akan menjelaskan versi sendiri berdasarkan pengalaman-pengalaman dulu selama menjadi pelajar, kemudian sekarang menjadi pengajar.

Yang dimaksud menghipnotis di sini adalah mengajak peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sampai waktu yang ditentukan. Selama mengikuti pembelajaran itu, peserta didik mencurahkan perhatiannya, terlibat secara aktif, dan menunjukkan hasil belajarnya, sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Pertama, ketika pertama masuk, guru perlu menunjukkan semangat, antusias, dan keramahan. Antusiasme akan mengalahkan rasa malas, sementara keramahan mampu meraih simpatik peserta didik.

Kedua, menumbuhkan rasa senang, dan gembira. Caranya bisa melalui tarian, nyanyian, permainan/game, atau icebreak. Biarkan mereka berekspresi dan menunjukkan potensi yang dimilikinya.

Ketiga, membangkitkan minat anak dengan menyebutkan manfaat dari materi yang akan dipelajari. Caranya bisa dengan menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman yang sudah dimiliki atau menghubungkannya dengan masalah yang sedang dihadapi serta situasi nyata peserta didik.

Keempat, menggunakan alat bantu pembelajaran yang tepat. Cara ini selain dapat memusatkan perhatian peserta didik, juga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Namanya juga alat bantu, pasti berperan mengatasi keterbasan yang ada.

Kelima, memberikan perhatian baik terhadap peserta didik secara individu maupun secara umum. Seringkali cara ini dapat meningkatkan peran peserta didik dalam pembelajaran. Bagi guru sendiri, merupakan jalan untuk memudahkan peserta didik dalam belajarnya.

Keenam, mengembangkan kegiatan yang dilakukan selalu berhubungan dengan kepentingan siswa. Semakin banyak siswa berkepentingan dengan kegiatan belajar, akan semakin besar pula motivasinya untuk belajar. Dalam hal ini, pembelajaran mutahir bisa dipraktekkan, misalnya pembelajaran berbasis masalah, proyek, dsb.

Demikian kira-kira cara yang bisa ditempuh agar peserta didik mau belajar. Cara menghipnotis ini akan ampuh, seiring dengan pengalaman Anda. Asal sebagai guru pun, kita terus belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selain yang disebutkan, sepertinya perlu ditambah dengan gestur, body language, suara, tatapan mata yang juga harus diatur sedemikian rupa sehingga mendukung keberhasilan hipno teaching kita.

06 Feb
Balas

.hypnoedu itu ada. Dan bisa dipraktikkan. Oke

06 Feb
Balas

Betul pak, guru tidak berhenti belajar

07 Feb
Balas

mantul pak, makasih sharingnya

06 Feb
Balas

Betul sekali Pa Sopyan, Trimakasih diingatkan..

06 Feb
Balas

Itu,nanti bagian ke 2 nya, he...he''''.

06 Feb

Ya ya ya. ....

06 Feb

Hipnotis siswa dengan menumbuhkan minat belajar, dan menumbuhkan rasa senang,dan humoris, trima kasih tulisan yg sangat bagus Pak.

07 Feb
Balas

bismilah segera bisa menghipnotis siswa..terimakasih pak

07 Feb
Balas

Memusatkan perhatian siswa, dengan hipnotis ...boleh kah??

06 Feb
Balas

Ilmu yan bermanfaat, siap, laksanakan...

06 Feb
Balas

Luar biasa terhipnotis saya untuk segera melakukan buat anak yang kadang tak mau belajar. Thanks ya Bun

07 Feb
Balas

terhipnotis dengan tulisan ini

07 Feb
Balas

hypno teaching! Mantul Pak.

06 Feb
Balas

Ditunggu bagian yang ke 2 hihihi.. salam kenal & sukses selalu

07 Feb
Balas

aih kirain pake hipnotis beneran... kayak yang dipi tipi itu lho

06 Feb
Balas

Itu nanti bagian yang kedua ya!

06 Feb

Keren, Pak. Insya Allah siap dipratikkan.

06 Feb
Balas

Mantapp pak..

07 Feb
Balas

Keren, pak

07 Feb
Balas

Manatabs...

07 Feb
Balas

sungguh menggugah Bu,,saya pingin menghipnotis juga...trims

06 Feb
Balas

Mansur....Paak

07 Feb
Balas

Semangat Pak, Makasih sharingnya

10 Feb
Balas

Mantab

07 Feb
Balas



search

New Post