SOPYAN, Guru SDN Jatisari 1, Karawang

Sopyan, Merasa tidak punya kesibukan lain selain mengajar, kini mulai belajar menulis dan berharap menjadi penulis sungguhan....

Selengkapnya
Sosok Guru yang Sesungguhnya
Guru adalah sosok penyebar ilmu yang bermanfaat bagi orang lain

Sosok Guru yang Sesungguhnya

Secara formal, guru adalah orang yang mendapatkan tugas mengajar di lembaga pendidikan tertentu. Dia berbekal Ijazah keguruan, mendapat SK pengangkatan, serta memiliki sertifikat.

Secara informal, guru adalah mereka yang mau menyebarkan ilmu kepada orang lain. Sesuai pemahaman ini muncul istilah lain terhadap penyebar ilmu tersebut, yaitu: mentor, tutor, atau narasumber, dan sebagainya.

Dari sudut pembelajar sendiri, sebetulnya dia bisa mendapatkan ilmu dari banyak pihak. Bila dia mencontoh seseorang dan menjadikannya model untuk ditiru, maka dia sesungguhnya telah berguru pada model tersebut.

Di era digital sekarang ini kegiatan belajar sudah sangat luas. Orang bisa belajar bertanya hal apa saja melalui Internet. Menurut survey, 30% orang mengakses internet sehubungan dengan kepentingannya mencari jawaban dan kegiatan belajar (tutorial). Bila yang bersangkutan mendapatkan ilmu dengan cara tersebut, sesungguhnya dia pun telah berguru.

Terlepas dari cara penyebaran ilmu, sesungguhnya predikat guru adalah mulia sekali. Jika Alloh SWT menjanjikan peningkatan derajat kepada orang yang berilmu (Q.S. Al Mujadalah:11), maka guru sebagai sumber ilmu, sesungguhnya ditempatkan pada derajat yang lebih tinggi. Hasil kerja guru berupa ilmu yang bermanfaat dianggap sebagai amal yang pahalanya terus mengalir sekalipun sang guru telah tiada (H.R. Muslim).

Oleh karena itu bersyukurlah jika Anda sebagai guru, karena Anda dimuliakan baik oleh manusia sekaligus tuhannya manusia. Kelak pahala untuk guru bukan hanya dari amal yang dilaksanakannya, tetapi juga dari ilmu yang bermanfaat yang telah disebarkannya. Dan ini abadi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali