SOPYAN, Guru SDN Jatisari 1, Karawang

Sopyan, lahir dan besar di Karawang, menyelesaikan S1 di IKIP Bandung (1992), S2 di Institut STIAMI Jakarta (2017). Merasa tidak punya kesibukan lain selain me...

Selengkapnya
Pro Kontra Kegiatan Tabungan di Sekolah
Menabung membina hidup hemat

Pro Kontra Kegiatan Tabungan di Sekolah

Akhir tahun ajaran ini adalah saat yang krusial bagi sekolah yang menyelenggarakan kegiatan tabungan siswa. Berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun, selalu ada saja sekolah yang bermasalah, karena tidak bisa mengembalikan uang tabungan. Padahal bukannya memberikan bunga atau jasa, pengembalian tabungan itu dipotong biaya macam-macam yang katanya termasuk biaya sekolah.

Mengapa masih ada kegiatan tabungan di sekolah (SD)?

Golongan pro berpendapat:

1. Untuk membiasakan siswa menabung, tidak boros.

2. Menangani sementara kebutuhan operasional sekolah, saat BOS belum atau terlambat cair.

3. Menjadi dana siap bagi guru perorangan yang membutuhkan dana

Golongan kontra berpendapat:

1. Sekolah adalah lembaga pendidikan bukan lembaga keuangan

2. Pekerjaan guru terpangkas waktunya oleh administrasi tabungan.

3. Dana yang terkumpul tidak berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan yang lainnya.

Melihat pertentangan antara yang pro dan kontra, jelas bahwa penyelenggaraan kegiatan tabungan anak sekolah terkait dengan kepentingan orang-orang di dalamnya.

Akhirnya dikembalikan pada keputusan kepala sekolah dan guru-guru, apakah kegiatan tabungan tetap diselenggarakan atau tidak.

Diharapkan bagi sekolah yang masih menyelenggarakan kegiatan tabungan suswa, bisa mengelolanya dengan baik. Sementara bagi guru dapat memanfaatkan untuk kegiatan produktif, dan bukannya membuka lubang baru yang lebih dalam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Itulah... Sering kali tabungan menjadi bumerang bagi guru

15 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali