SOPYAN, Guru SDN Jatisari 1, Karawang

Sopyan, Merasa tidak punya kesibukan lain selain mengajar, kini mulai belajar menulis dan berharap menjadi penulis sungguhan....

Selengkapnya
Plus Minus Pemimpin Muda
Pemimpi muda diharapkan bisa membawa perubahan yang positif

Plus Minus Pemimpin Muda

Saat ini lahirnya seorang pemimpin muda sangat dinantikan, karena diharapkan dapat menciptakan perubahan mendasar untuk hidup yang lebih baik. Bung Karno pernah menegaskan, "Berilah aku sepuluh pemuda, maka aku akan mengguncangkan dunia!". Demikianlah kekuatan pemimpin muda dan pemuda telah membuktikan keunggulannya pada sejarah.

Meskipun demikian, tampilannya pemimpin muda terdapat plus minusnya yang harus mendapatkan perhatian baik oleh lingkungan maupun pemimpin muda itu sendiri.

Adapun nilai plus pemimpin muda adalah: semangat dan gairah yang menyala-nyala, cenderung terlepas dari pengaruh pemimpin sebelumnya, serta memiliki visi masa depan.

Sementara minusnya adalah: kurang pengalaman, cenderung kurang memiliki nilai kebijaksanaan dalam membuat keputusan, serta sering diragukan kapasitas kepemimpinannya.

Oleh karena itu agar tampilnya pemimpin muda dapat memenuhi harapan, jangan lupa banyak belajar, dan mau menerima kritikan dan pendapat dari orang lain. Dengarkan perkataannya, dan jangan melihat orangnya. Gunakan lebih banyak pikiran dan logika dibandingkan dengan perasaan.

Kiranya perlu diingat apa yang disampaikan oleh Maxwell (Taufan Akbari: 2013) bahwa bagi pemimpin muda yang terpenting adalah kemampuan untuk memimpin diri sendiri yang porsinya adalah 50%. Sementara kemampuan lainnya memimpin anak buah (5%), memimpin teman selevel (10%), berurusan dengan atasan (10%), dan sisanya untuk urusan lain.

Bagi Anda yang ditakdirkan menjadi pemimpin muda, percayalah bahwa Anda bisa. Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk-Nya. Sehingga kepemimpinan Anda membawa kebaikan bagi kelompok, dan organisasi yang Anda pimpin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Siip lah.

12 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali