SOPYAN, Guru SDN Jatisari 1, Karawang

Sopyan, Merasa tidak punya kesibukan lain selain mengajar, kini mulai belajar menulis dan berharap menjadi penulis sungguhan....

Selengkapnya
Misi Baru Guru di Tahun Depan
Tahun depan, aku punya misi yang baru

Misi Baru Guru di Tahun Depan

Tahun pelajaran 2017/2018 segera berakhir. Di akhir tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kegiatan selama setahun terakhir. Sudah sejauh mana usaha kita dalam mengemban tugas sebagai guru. Apakah misi kita telah terlaksana?

Sebagai guru, sebaiknya kita memiliki misi untuk apa sebenarnya melaksanakan pekerjaan. Misi ini berpengaruh terhadap kegiatan yang dilakukan.

Bagi sebagian orang guru, mengajar tidak lebih sebagai pekerjaan biasa. Setelah bekerja, mendapatkan gaji, selesai.

Sementara bagi sebagian orang lainnya mengajar sama artinya menyelesaikan tuntutan kurikulum. Hasilnya baik, atau tidak bukan merupakan masalah.

Lain lagi bagi kelompok guru perfeksionis, bahwa pekerjaan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan hasil yang maksimal.

Apapun yang menjadi misi Anda, tergantung dari itikad masing-masing. Tapi yang perlu diingat adalah misi utama guru adalah membuat siswa belajar. Bukan sekedar menyelesaikan target kurikulum atau mendapatkan hasil belajar maksimal dengan angka dan nilai yang bagus.

Bila misinya membuat siswa belajar, maka dia fokus membimbing siswa ke arah perubahan yang lebih baik. Yang sebelumnya tidak tahu, menjadi tahu. Yang tadinya tidak paham menjadi paham, dan seterusnya sampai pada yang belum terampil menjadi terampil. Tentu semua ini sesuai dengan kandungan kurikulumnya.

Mari kita susun misi baru untuk tahun mendatang, tapi jangan melupakan bawa bahwa misi guru itu membuat siswa belajar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantap... Tetap Semangat Pa..

03 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali