SOPYAN, Guru SDN Jatisari 1, Karawang

Sopyan, Merasa tidak punya kesibukan lain selain mengajar, kini mulai belajar menulis dan berharap menjadi penulis sungguhan....

Selengkapnya
Menakar Kesuksesan Seorang Guru
"Semoga, cita-citamu tercapai, Nak!"

Menakar Kesuksesan Seorang Guru

Pengertian sukses pasti berbeda-beda antara seorang dengan yang lainnya. Begitupun sukses seorang guru dibandingkan dengan profesi lainnya. Semua itu tergantung dari variabel yang menjadi ukurannya. Meskipun demikian ada ciri utama yang bisa disebut sebagai sukses, yaitu: tercapai tujuan, dan membahagiakan.

Tujuan dan kebahagian guru tidak terlepas dari siswa sebagai sasaran didiknya, serta rasa bahagia itu sendiri dari sisi guru.

Jadi, pertanyaannya ada dua.

1. Apakah tujuan pendidikan yang ditetapkan telah dimiliki siswa?

Tujuan yang dimaksud disini mulai dari tujuan institusional (lembaga), tujuan kurikuler (pelajaran), sampai tujuan instruksional (pembelajaran). Intinya, apakah siswa yang menjadi sasaran didik kita telah menunjukkan kompetensi sesuai dengan tujuan-tujuan tersebut.

2. Apakah guru merasa bahagia melihat hasil-hasil belajar siswanya. Pemahaman hasil belajar di sini bukan pada angka dan nilai pelajaran, tetapi lebih pada internalisasi nilai-nilai yang telah diajarkan. Bahagia rasanya bila kita melihat siswa kita bisa menunjukkan perilaku yang baik. Dia lebih pintar, lebih sopan, lebih toleran dan semua perilaku positif lainnya.

Suatu ketika, 10 atau 20 yang akan datang (semoga kita panjang umur) ada seseorang datang kepada kita. Dia seorang pahlawan pembela kebenaran dan banyak membantu orang-orang lemah. Dia mencium tangan kita, dan berbicara, "Bapak/Ibu, saya siswa yang dulu pernah diajar semua nilai kebaikan oleh Bapak/Ibu. Terima kasih atas didikannya, sehingga saya bisa mencapai cita-cita yang dinginkan".

Itulah kesuksesan guru, turut mengantarkan siswanya mecapai cita-cita, serta tidak melupakan orang yang telah berjasa kepadanya.

(Oh, tidak terasa saya meneteskan air mata saat menutup tulisan ini).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Iya Pak... Bahagia rasanya jika ada murid yang tidak melupakan gurunya.

06 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali