SOPYAN, Guru SDN Jatisari 1, Karawang

Sopyan, Merasa tidak punya kesibukan lain selain mengajar, kini mulai belajar menulis dan berharap menjadi penulis sungguhan....

Selengkapnya
Membuka Pintu Surga dengan Puasa

Membuka Pintu Surga dengan Puasa

Dua minggu susah kita menjalankan ibadah puasa. Selama itu pula lapar dan haus kita rasakan. Rasa yang selalu dirasakan oleh orang-orang fakir miskin karena kekurangan yang mereka alami. Memang Allah SWT memerintahkan puasa agar kaum mampu bisa merasa peduli terhadap sesama. Lebih jauh disebutkan dalam QS Al-Baqarah 183, bahwa puasa itu dimaksudkan agar orang-orang yang beriman itu bisa bertaqwa:

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

[QS. Al-Baqarah: Ayat 183]

Ibadah puasa merupakan ibadah istimewa, karena bersifat rahasia. Pelaksanaannya sendiri hanya diketahui oleh Allah SWT dan orang tersebut. Olehkarena itu kejujuran dan keimanannyalah yang menentukan kualitas puasa yang dilakukannya.

Bagi mereka yang menjalankan puasa dengan sebaik-baiknya maka Allah menjanjikan pahala surga yang penuh dengan kenikmatan yang tidak diberikan kepada sembarang ahli surga.

Kelak ahli puasa akan dipanggil masuk surga melalui pintu Ar Rayyan, yaitu pintu khusus bagi ahli puasa.

Agar kita bisa memasuki melalui pintu tersebut, marilah menyempurnakan amaliah puasa. Yaitu dengan amalan yang sesuai dengan petunjuk Rasulullah.

Ada beberapa amalan untuk menyempurnakan amalan puasa, yaitu:

melaksanakan tarawih, shalat malam, tadarus Al Qur'an, memperbanyak shadaqah, silaturahmi, itiqap di mesjid, kajian islami membayar zakat, dsb.

Mudah-mudahan dengan menyempurnakan amalan puasa, Allah SWT membukakan pintu Ar Rayyan selebar-lebarnya buat kita. Dan jangan lupa mengajak saudara-saudara kita untuk bersama-sama mengejar pahala yang telah dijanjikan Nya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali