SOPYAN, Guru SDN Jatisari 1, Karawang

Sopyan, Merasa tidak punya kesibukan lain selain mengajar, kini mulai belajar menulis dan berharap menjadi penulis sungguhan....

Selengkapnya
Libur Panjang, Saatnya Menyegarkan Sikap
Manfaatkan libur Anda untuk Menyegarkan Sikap. Harta Anda yang paling berharga.

Libur Panjang, Saatnya Menyegarkan Sikap

Mulai minggu ini, libur panjang telah tiba. Jika karyawan, atau PNS lain paling lama 10 hari, guru lebih lama yaitu 40 hari. Benar-benar libur yang sangat panjang.

Bila dalam satu minggu libur sehari untuk menyegarkan kembali pikiran, maka lain halnya bila liburnya satu bulan. Libur panjang tersebut sebaiknya bisa digunakan untuk "meremajakan" sikap.

Coba ingat-ingat pengalaman Anda dalam bekerja/mengajar selama setahun ini!

Ternyata banyak juga hal yang tidak menyenangkan, bukan?

Pertama, sering mengalami kejutan lingkungan, misalnya: kekurangan uang, menurunnya kesehatan, masalah keluarga bahkan kekecewaan pribadi.

Kedua, masalah citra pribadi, misalnya ingin tampil modis tetapi berat badan malah bertambah terus. Ketika ingin tampil segar, tapi umur dan uban tak bisa diajak kompromi.

Ketiga adanya arus negatif, misalnya karena pengaruh perlakuan buruk orang lain, dengan mudahnya kita merasa kecewa dan marah.

Pengalaman buruk tersebut tidakada seorang pun yang bisa menghindarinya. Apakah dia berumur enam belas tahun atau enam puluh tahun. Jika tidak bisa menanganinya pasti dapat membuat Anda bersikap negatif. Mudah marah, kecewa, antipati, bahkan sampai stress segala. Oleh karena itu, kita penting untuk meremajakan sikap, yaitu dengan menganggap bahwa semua itu hanyalah pengalaman biasa yang tidak perlu membuat sengsara, tapi justru sebagai pengalaman yang berharga.

Selain itu cara tepat dalam meremajakan sikap adalah dengan meningkatkan citra diri. Mulai sekarang, jadikanlah Anda sebagai orang yang baru. Orang yang rapi, orang yang segar, orang yang positif. Orang yang memandang bahwa dunia ini pantas untuk dinikmati dan disyukuri.

Pastikan jika setelah libur nanti, orang yang bertemu dengan Anda, akan mendapati Anda sebagai orang baru yang memiliki sikap yang segar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali