SOPYAN, Guru SDN Jatisari 1, Karawang

Sopyan, lahir dan besar di Karawang, menyelesaikan S1 di IKIP Bandung (1992), S2 di Institut STIAMI Jakarta (2017). Merasa tidak punya kesibukan lain selain me...

Selengkapnya

Kemuliaan Bersikap Sabar

"Dasar orang tidak tahu diri, aku ganyang sekalian", gumam seseorang saat menunjukkan kekesalannya. Demikianlah ketika seseorang merasa diperlakukan tidak menyenangkan mudah sekali untuk menunjukkan kekesalan. Mungkin pula orang atau barang di sekitar akan menjadi sasaran pelampiasannya. Sementara yang lainnya lebih memilih bersabar agar tidak terjadi peristiwa yang lebih rumit yang justru merugikan di kemudian hari.

Manakah di antara keduanya yang merupakan pilihan terbaik?

Menurut pengalaman, ternyata orang bersabarlah yang dapat mengambil manfaat dari setiap kejadian yang dialami.

Oleh karena itu, penting sekali untuk bersikap sabar di setiap kesempatan. Tegasnya, hidup ini tidak mudah, akan ada saja keadaan yang tidak menyenangkan, sehingga menuntut kita harus bersabar. Menahan diri sambil mencari solusi terbaik itulah pilihan untuk mengatasi masalah.

Bagaimana keharusan bersabar menurut syariat?

Ada tiga keharusan bersabar menurut syariat, yaitu bersabar ketika menjalankannya perintah Allah, bersabar saat menjauhi larangan-Nya, serta bersabar dalam menghadapi ujian yang menjadi ketentuan Tuhan.

Betapa pentingnya sikap bersabar itu sehingga Allah memerintahkan kepada orang yang beriman untuk tetap memiliki kesabaran tersebut.

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصّٰبِرِينَ

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al-Baqarah: Ayat 153).

Mulai dari sekarang, yuk kita perbesar kesabaran. Orang yang sabar, tidak mengenal kalimat bahwa sabar itu ada batasnya. Orang sabar tidak mengenal kalimat, "Sudah hilang kesabaran", karena bila kita bersabar akan ada pertolongan Allah SWT karena Dia selalu bersama orang-orang yang bersabar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali